3 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Pemakaian Masker Kain untuk Cegah Virus Corona


Tak hanya di Wuhan, China saja, melainkan nyatanya virus Corona sudah menyebar ke seluruh negara. Dengan tingkat kematian yang semakin lama juga semakin tinggi disebabkan oleh penyakit Covid 19 ini. Pada dasarnya penyakit yang satu ini bukanlah sesuatu yang dapat Anda remehkan. Karena ia bisa memicu kondisi yang lebih parah jika seandainya tidak segera diatasi. Apalagi yang terdampak bukan hanya masalah kesehatan saja, melainkan juga berbagai macam bidang bisnis ataupun sektor ekonomi.

Berbagai macam upaya juga patut untuk dilakukan untuk bisa terhindar dari virus mematikan tersebut, apalagi bagi yang masih sehat, agar nantinya tidak sampai terserang oleh virus ini. mengingat sebenarnya Covid 19 memang dapat menyerang siapa saja tanpa memandang usia dan juga jenis kelamin. Namun juga tidak dapat dipungkiri jika seandainya untuk orang-orang yang memiliki sistem imuns atau daya tahan tubuh lemah, maka lebih rentan untuk terinfeksi oleh virus dibandingkan dengan yang daya tahan tubuhnya kuat.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk bisa terhindar dari virus Corona ini adalah dengan memakai masker, khususnya adalah ketika Anda sedang keluar rumah. Paling tidak nantinya bisa terhindar dari droplets atau percikan cairan orang yang sedang batuk atau bersin, apalagi yang memang membawa virus ini. tak harus masker medis apalagi sekarang masker jenis ini sangatlah langkah di pasaran. Belum lagi pemerintah juga membuat aturan baru bahwa masker ini hanya dijual untuk petugas medis saja.

Masyarakat dihimbau untuk menggunakan masker kain, tidak perlu khawatir karena efektifitasnya sendiri juga tak kalah untuk mencegah Covid 19 ini. Adapun juga diantaranya beberapa kesalahan yang harus dihindari dalam pemakaian masker kain ini, karena bukannya dapat mencegah justru pemakaian yang salah meningkatkan resiko terinfeksi oleh virus, yaitu:

  1. Menggunakan ukuran yang tidak pas, memang tidak dapat dipungkiri jika setiap orang memiliki bentuk wajah dan juga ukuran muka yang berbeda-beda, memakai yang ukurannya terlalu kecil tidak akan menutup secara sempurna. Begitu juga dengan yang ukurannya terlalu besar akan menciptakan celah dimana virus tersebut akan jauh lebih mudah masuk kedalam tubuh.
  2. Menyentuh masker tanpa cuci tangan menggunakan sabun terlebih dahulu, secara tidak sengaja sering kali kita melakukan hal ini, yaitu tiba-tiba menyentuh masker, apalagi bagian dalamnya dengan tangan. Padahal sebelumnya belum mencuci tangan menggunakan sabun. Jadi sangat mungkin nantinya kuman dan juga virus yang menempel di tangan tersebut juga akan berpindah ke masker, hingga nantinya dapat masuk kedalam tubuh Anda bukan.
  3. Memakai dan juga melepas masker secara terburu-buru, sehingga hal ini membuat pemakaiannya juga kurang optimal. Ada beberapa prosedur terkait dengan bagaimana pemakaian dan juga melepas masker tersebut. Jika tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang ada, artinya memang sering kali terburu-buru maka akan membuat perlindungannya juga kurang optimal. Sehingga tidak menutup kemungkinan jika nantinya virus tersebut juga bisa dengan mudah masuk kedalam tubuh bukan.


Itulah setidaknya beberapa kesalahan yang patut untuk Anda hindari di dalam pemakaian masker untuk cegah virus Corona. Penting juga di dalam menggunakan masker kain untuk mencucinya secara rutin guna membunuh kuman dan juga virus yang menempel. Cuci menggunakan air panas guna membunuh virus yang ada disana. Dapatkan informasi terbaru seputar Covid 19 ini di situs Halodoc.

Belum ada Komentar untuk "3 Kesalahan yang Harus Dihindari dalam Pemakaian Masker Kain untuk Cegah Virus Corona"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel